sekarang gan hidup itu serba CANGGIH
begitu juga dengan BISNIS yang bisa dilakukan dengan mudah
salah satunya yaitu BISNIS ONLINE
yah, bisa di bilang kita sudah mengenal bisnis online. mungkin dari kita ada yang ingin mencoba bisnis online tersebut
namuuuuuunnnn, bingung tentang idenya..
dan kebetulan saya menemukan info tentang bagaimana cara mencari ide bisnis online
oke dah. langsung aja gan baca infonya
Quote:
Ada banyak cara dan banyak sudut pandang untuk mencari ide bisnis,
Alexis Ohanian (Co Founder Reddit) Menjelaskannya dengan sangat baik di
bawah ini.
Internet itu kejam dan sulit untuk ditebak.
Waktu Anda untuk mendapatkan perhatian dari visitor Anda sangatlah
pendek (low attention span). Video kucing lucu bisa untuk mengecoh
perhatian visitor Anda setiap saat, oleh karena itu apa yang Anda
sajikan harus menarik mereka. Dan tentunya setelah itu Anda harus bisa
menyediakan apa yang mereka mau atau mereka tidak akan mengikuti apa
yang Anda mau, apalagi untuk kembali lagi ke website Anda.
Saya melihat banyak startup yang dibuat dengan teknologi hebat dengan
harapan orang-orang mau untuk menggunakannnya untuk mendapatkan solusi
yang diinginkan. Bagi saya, rute ini lebih sulit daripada
mengidentifikasi real problem terlebih dulu kemudian mencoba
menyelesaikannya dengan cara yang sederhana secepat mungkin.
Lebih buruk lagi banyak para founder yang masih senang melakukan
brainstorming untuk membuat sesuatu dan membuat mock-up dalam pikiran
mereka. Yang harus Anda lakukan adalah carilah customer Anda dan
berbicara pada mereka apa yang mereka inginkan. Ingat-ingat juga dalam
pikiran Anda bahwa biasanya para customer biasanya ragu untuk memberikan
feedback yang buruk. Mereka biasanya tidak jujur dalam memberikan
feedback. Dukungan positif tidak berarti apa-apa sampai mereka bersedia
membayar Anda untuk suatu solusi yang mereka inginkan.
Jadi bagaimana kita bisa membuat sesuatu yang benar-benar dibutuhkan orang ? Mulailah dari real problem.
Mulailah dari masalah Anda sendiri, tetapi pastikan bukan hanya Anda
yang memiliki masalah ini. Masalahnya, kadang kita tidak berpikir bahwa
kita memiliki masalah. Kadang kita hanya berujar, “ini bagus kok buat
saya”. Ada kata-kata klise “we are a creature of habit” kadang sulit
untuk mengajak orang lain mencoba solusi baru dari Anda ketika status
quo sudah cukup baik, tetapi berikanlah solusi yang lebih baik kepada
orang yang sama dan tiba-tiba solusi lama (status quo) terlihat usang.
Inilah yang terjadi pada Hipmunk.com (Startup online travel company).
Pada awalnya, Adam dan Steve merasa betapa sulitnya mencari penerbangan
melalui internet. Banyak yang tidak sadar kalau orang harus menelusuri
satu-satu penerbangan yang sangat membuang waktu dan sangat sulit
mencari itinerary terbaik. Sampai Adam dan Steve meluncurkan Hipmunk dan
banyak customer yang sadar bahwa situs mereka sangat mudah digunakan
karena dapat menghilangkan banyak kerumitan saat mencari penerbangan.
tentu Anda sering melihat hal seperti di atas. Cara yang paling mudah
adalah dengan melakukan aktivitas seperti biasa dan membuat notes –
lebih baik yang digital tetapi yang analog tidak apa-apa – dan catatlah
hal-hal yang kadang membuat Anda merasa tidak nyaman pada saat melakukan
sesuatu. Bisa saja Anda membuat ide bisnis yang hebat dari
catatan-catatan tersebut.
Adam, cofounder Hipmunk memiliki pengalaman buruk saat debat di MIT
tentang sulitnya mencari penerbangan online yang memotivasinya untuk
membuat sesuatu yang lebih mudah.
Airbnb yang berpikir pasti banyak orang yang ingin menggunakan tempat yang tidak terpakai dan bisa disewakan.
Dari ide-ide kecil itu lahirlah startup-startup hebat.
Banyak sekali startup yang sukses seperti ini : Founder menemukan suatu
masalah dan mereka menemukan cara untuk menyelesaikannya dengan lebih
mudah. Memang, membuat perusahaan tidak harus dimulai dari hal itu,
tetapi akan sangat lebih mudah jika dimulai dari sana. Buatlah sesuatu
yang akan Anda gunakan (dan secara ideal membayar untuk itu. Itulah
pelajaran yang bisa Anda ambil dari Hipmunk (karena business modelnya
teruji di hari pertama)
Starting point berikutnya adalah membuat sesuatu yang orang lain tidak
bisa membuatnya, kecuali founder itu sendiri. Cara seperti ini akan
membuat sebuah benteng alami yang membatasi para kompetitor : ingat,
setiap masalah yang dapat Anda selesaikan akan membuat rintangan yang
sangat masif untuk setiap orang yang ingin membuat produk serupa seperti
Anda. Masalah-masalah itu belum bisa diselesaikan kecuali oleh orang
yang sangat pintar. Contoh startup seperti ini adalah Google, di mana
Larry dan Sergey yang secara teknis bisa membuat search engine dari
kompetensi mereka dalam mengelola server. Pada saat itu tidak banyak
orang yang bisa membuat seperti itu, apalagi bisa membuat software yang
bisa men-crawl dan melakukan ranking di jagad World Wide Web.
Ada juga jalan yang ketiga, yaitu memikirkan sebuah ide yang berakar
pada prespektif yang luput dari perhatian banyak orang dan tidak bisa
melihat potensinya hari ini.
Seorang teman yang berkecimpung di dunia startup, Chris Dixon,
mendeskripsikan hal ini dengan ekstrim : “Ide besar yang akan terjadi
pada awalnya terlihat seperti mainan“. Contoh dari startup ini adalah
Kickstarter. Project pertama mereka, Drawing for Dollars, melewati
target 20 dollar dengan mendapatkan 34 dollar dari 3 backers yang
membeli artwork dari Long Island City. Kurang dari 3 tahun kemudian,
team yang menggunakan platform yang sama membuat project arloji
futuristic, peeble, dan mengumpulkan 10 juta dollar. Ide kickstarter
yang melakukan pitching untuk mendapatkan sesuatu adalah hal yang
biasa-biasa saja, tetapi apa yang dilakukan Kickstarter dengan
me-leverage internet untuk melakukan pitching kepada jutaan orang secara
bersamaan (berlawanan dengan pitching umumnya kepada investor yang
biasanya one-to-one) adalah hal yang luar biasa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar